polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
Diduga Karena Genset, Gudang di Tilung XII Ludes Terbakar - Kalteng.co
Blog

Diduga Karena Genset, Gudang di Tilung XII Ludes Terbakar – Kalteng.co

PALANGKA RAYA, Kalteng.co – Diduga karena genset, gudang di Temanggung Tilung XII Palangka Raya ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi disaat adanya pemadaman listrik bergilir akibat adanya gangguan transmisi jalur Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, bahwa objek yang terbakar ini adalah sebuah bangunan tua yang dijadikan gudang. Lokasinya berada di Jalan Temanggung Tilung XII, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa (8/8/2023) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Pemilik bangunan, Rachmad Winarso mengatakan, bangunan semi permanen ini sehari-harinya difungsikan sebagai gudang. Beruntungnya jaraknya cukup jauh sehingga api tidak menyebar ke rumah utama.

“Jarak antara gudang dengan rumah sekitar lima meter. Alhamdulillah api hanya menghanguskan gudang saja dan tidak sempat merembet ke bangunan rumah,” Katanya kepada awak media saat berada di lokasi kejadian.

Dijelaskannya, objek yang terbakar ini memang bangunan yang sudah cukup berumur tua. Pada awalnya memang sempat difungsikan rumah, namun karena telah dibangun rumah lagi di bagian depan sehingga dialihfungsikan.

“Dari pada menjadi bangunan tidak berfungsi, maka dari itu saya menjadikannya sebagai gudang untuk menyimpan seperti sepeda motor dan mesin genset,” urainya.

Terpisah, Kapolsek Pahandut Kompol Saipul Anwar mengungkapkan, berdasarkan keterangan korban pemilik bangunan jika sekitar pukul 20.00 WIB kawasan rumahnya terkena pemadaman bergilir.

“Oleh sebab itu korban kemudian menyalakan mesin genset dan diperkirakan akan menyala selama 5-6 jam. Posisi genset ketika itu berada di dalam gudang yang terbakar ini berada di belakang rumah dan terpisah jarak sekitar 5 meter,” ucapnya, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, setelah menyalakan genset itu, selanjutnya korban menuju ke rumah depan tempat tinggalnya untuk istirahat. Lalu sekitar pukul 22.00 WIB, korban dibangunkan oleh istrinya dan menanyakan kenapa listrik kok mati.

Setelah itu korban mencoba mengecek ke depan rumah untuk melihat kondisi sekitar namun perumahan sekitar masih padam. Kemudian korban menuju ke bagian dapur dan mengecek rumah bagian belakang, ternyata api sudah membesar dari bagian dalam rumah.

“Kemudian korban membangunkan dan menyelamatkan anak istri serta berkas-berkas penting yang ada di dalam rumahnya,” paparnya.

Dari kejadian itu, korban sempat menyelamatkan dua dari tiga unit sepeda motor dari dalam gudang. Yang tertinggal dan terbakar, yaitu satu unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter MX. Sembari menyelamatkan barang-barang kemudian datang tim pemadam kebakaran. (oiq)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *