polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
Prediksi Hujan Hanya Terjadi di Empat Kabupaten, Masyarakat Waspada Karhutla - Kalteng.co
Blog

Masyarakat Adat Laman Kinipan Geruduk Kantor Bupati – Kalteng.co

NANGA BULIK, Kalteng.co – Puluhan warga yang tergabung dalam Masyarakat Adat Laman Kinipan bersama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Lamandau mendatangi kantor Bupati Lamandau, Selasa (19/9/2024).

Kedatangan sekelompok warga tersebut melakukan aksi damai, yang dipimpin  oleh Ketua AMAN Lamandau Effendi Buhing, Kades Kinipan Wilem Hengky, BPD, dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat oleh petugas Polres  Lamandau serta Satuan Polisi Pamong Praja, dengan mengerahkan ratusan personel diantaranya tim dalmas Polres Lamandau dilengkapi dengan alat pengaman serta mengerahkan satu unit kendaraan water cannon yang disiagakan di halaman Kantor Bupati.

Ada enam poin tuntutan yang disampaikan dalam aksi kali ini diantaranya, pertama, meminta agar bupati mencabut keputusan tentang batas desa kinipan kecamatan batang kawa dengan desa suja dan tapin bini kecamatan lamandau, karena ketiga desa tersebut sudah sepakat sesuai batas alam.

Kedua penetapan tapal batas desa kinipan kecamatan batang kawa dan desa karang taba kecamatan lamandau prosesnya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketiga meminta bupati segera mengakui  usulan masyarakat hukum adat laman kinipan, keempat verifikasi segera pencadangan hutan adat laman kinipan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 kelima meminta agar segera sahkan perda Masyarakat Hukum Adat (MHA) kabupaten lamandau, dan poin  terakhir meminta bupati agar mengevaluasi ijin usaha perkebunan (IUP) kebun sawit PT Sawit Mandiri Lestari (SML) yang masuk wilayah adat laman kinipan.

Dalam orasinya, massa juga meminta untuk bertemu langsung dengan Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, untuk membahas bersama tuntutan warga tersebut. Namun Bupati sedang diluar daerah.

“Kami minta agar Bupati keluar dan menemui kami disini,” kata Effendi Buhing, dalam orasinya, di depan kantor bupati.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *